21 Ribu PNS Misterius, Apakah Ada di Pelalawan

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com -Jakarta – Sungguh tak terbayangkan, ternyata PNS (Pegawai Negri Sipil) cukup banyak terdata yang misterius.

Sebagaimana yang diberitakan detik.com hari ini Kamis (26/5) bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) mempunyai data bahwa masih ada 21 ribu PNS misterius. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan akan terus mencari data lagi terkait keberadaan PNS tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bima pada konferensi pers di acara Rakornas Kepegawaian 2016 BKN. Pada April lalu, Bima memang mengatakan jumlah PNS misterius tersebut masih ada 56 ribu. Kemudian ia menceritakan alurnya.

“Jadi begini, ceritanya dari PUPNS (Pendataan Ulang PNS) itu sudah mendata PNS. Pada Desember 2015 ada 93 ribu yang belum daftar kemudian turun jadi 70 ribu. Kemudian sampai 56 ribu. Itu juga kita kejar lagi,” ujar Bima Haria di Hotel Bidakara, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Formasi Riau Siap Prapid Kejati Bila Tiga Kasus Dugaan Korupsi Bupati Rohil Dihentikan Penyelidikannya

PNS misterius ini, kata Bima, ialah orang yang masih terdata di BKN namun belum masuk datanya ke PUPNS. Mereka yang belum masuk ke PUNPS, masih dicari status dan keberadaan PNS tersebut. Kondisi ini merata baik di pemerintahan pusat maupun daerah.

“Mana yang pensiun, meninggal, keluar dari kantor atau mengundurkan diri. Sekarang, sisanya ada 21 ribu. Itu kemungkinan besar, 14 ribu orang bisa masuk (datanya). Jadi yang 7 ribu itu akan kami kejar,” kata Bima.

Kondisi lain yang menyebabkan munculnya data PNS misterius ini juga disebabkan ada sebagian dari PNS yang sudah kerja puluhan tahun, tapi ketika pensiun tidak pernah mengklaim uangnya. Atau ada juga yang masih aktif tapi belum mendaftarkan diri di PUPNS.

Baca Juga :  Formasi Riau Siap Prapid Kejati Bila Tiga Kasus Dugaan Korupsi Bupati Rohil Dihentikan Penyelidikannya

“Ini juga kita cari dan invetigasi. Apa benar mereka PNS? Itu juga yang sedang kami cari tahu,” ujarnya.

Sementara itu beberapa bulan yang lalu di Pelalawan Kepala BKD sempat mengatakan di Kabupaten ini tidak ada PNS misterius itu. Apakah benar pernyataan Kepala BKD Pelalawan itu, kita tunggu data resmi dari BKN. (mk)

Komentari Artikel Ini