Balon Gubri DKI, Ada yang Sanggup UMP Rp4,2 Juta

Bagikan Artikel Ini:

Jakarta – Dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh hari ini, Minggu, 1 Mei 2016, bakal calon gubernur DKI Jakarta Hasnaeni Moein memberikan ucapan selamat bagi para buruh.

Tak sekadar ucapan, seperti yang dikutif di media nasional bahwa, Hasnaeni bahkan memanfaatkan momentum May Day untuk kembali berkampanye. Kata dia, jika terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dia akan menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta menjadi lebih besar dari yang ada saat ini sebesar Rp3,1 juta.

Baca Juga :  Kapolres Pelalawan Sambut Silaturahmi Pimpinan Media Kabupaten Pelalawan Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024.

“Selamat hari buruh. Pesan dari saya buat para buruh, kalau Hasnaeni jadi ibunya ibu kota, UMP di Jakarta Rp4,2 juta,” kata Hasnaeni yang akrab disebut wanita emas itu, Minggu, 1 Mei 2016.

Hasnaeni mengatakan, angka UMP Rp4,2 juta itu ia hitung dari pengeluaran kebutuhan para buruh. Saat ini saja, lanjut Hasnaeni, biaya indekos saja sudah Rp500 ribu. Biaya makan sehari Rp50 ribu di kali 30 hari sudah Rp1,5 juta. Belum untuk kebutuhan seperti listrik, sekolah anak, rumah tangga, dan lain-lain.

Baca Juga :  Dubes Iran Terima Kunjungan JMSI Pusat

“Itu (Rp4,2 juta) saja masih pas banget, kalau di bawah penghasilan Rp5 juta sebulan, itu masih kategori miskin,” kata dia.

Selain itu, Hasnaeni mengatakan kepada para perusahaan di DKI yang mempekerjakan buruh agar jangan telat dalam memberikan gaji kepada para buruh. “Untuk perusahaan, bayarlah gaji buruh sebelum keringat mereka kering, karena tanpa buruh tidak pernah lahir perusahaan,” ujarnya. ( * )

Komentari Artikel Ini