Dini Hari Tim Umang umang Terjun ke TKP Ikan Mati di Sungai Kampar

Dini Hari Tim Umang umang Terjun ke TKP Ikan Mati di Sungai Kampar

??????????????.??? – Pelalawan – Tim Umang umang turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Sungai Kampar Desa Sering dengan adanya informasi dugaan ribuan ikan mati diduga oleh limbah salah satu perusahaan besar di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Riau.

Tim turun pada pukul dini Hari Rabu (24/3/2021) sekira pukul 00:00 WIB menuju parit kanal perusahaan itu. Tim yang terdiri dari rombongan wartawan itu bertujuan melihat fakta langsung adanya informasi dugaan pencemaran air sungai yang mengakibatkan ikan sungai mati.”Kita terjun langsung ke lokasi melihat fakta yang sebenarnya terjadi,” ungkap Suryadi salah seorang anggota tim Umang umang.

Setiba di TKP tim Umang umang melihat beberapa nelayan yang sedang berkrasak krusuk diduga menghilangkan buntang ikan yang bergelimpangan di kanal atau parit limbah pabrik itu.

Pantauan tim menemukan ribuan
ikan air tawar mati yang kondisinya sudah membusuk sedangkan warna air berubah dan juga berbau tak sedap. Tim menemukan ikan bersisik mati seperti; ikan kalabau (Osteochilus melanopleurus), ikan kapiat (Barbonymus schwanenfeldii) ikan motan (Thynnichthys thynnoides) ikan kuning dan jenis ikan lainya.

Tim mengambil ikan beberapa kilo gram yang sudah mati dan mengambil sampel air 10 liter yang mengalir di kanal limbah perusahaan pulp.

Tim Umang umang terdiri 6 pewarta. Selama 1 jam lebih tim ini berada di TKP. Sekira pukul 03:00 WIB tim meninggalkan lokasi dan menuju jembatan Pangkalan Kerinci.

Pewarta: Ns
Editor: Oslam

 

Komentari Artikel Ini