Ketika UAS Sembelih Hewan Kurban Pertama Kali

Bagikan Artikel Ini:

Ketika UAS Sembelih Hewan Kurban Pertama Kali

Suaraburuhnews.com – Pekanbaru – Ustadz Abdul Somad atau UAS, tidak hanya menjadi khatib pada lebaran Idul Adha 1441 H atau tahun 2020 ini, tapi ustadz UAS juga melakukan penyembelihan hewan kurban.

UAS melakukan penyembelihan hewan kurban bertempat di Lapangan Horse Power di depan Mal SKA, Pekanbaru.

Pada lebaran Idul Adha tahun ini pengalaman baru bagi Ustadz Abdul Somad, sebab dia diminta langsung bertindak sebagai penyembelih hewan kurban.

“Selama ini jangankan menyembelih sapi, menyembelih ayam pun saya tak pernah. Ini pertama kali saya menyembelih hewan,” kata Ustadz Abdul Somad, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga :  Mengapa Berpuasa?

Ustadz Abdul Somad pada penyembelihan sapi kurban didampingi oleh Lembaga Juru Sembelih Halal (Juleha). Sebuah lembaga yang memang sengaja dibentuk untuk mengedukasi umat bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar. Mulai dari metode tata caranya, alat penyembelih sampai kepada bacaan yang disyariatkan.

“Ini berbeda dengan hari raya qurban terdahulu. Idul Adha tahun ini spesial, UAS langsung menyembelih sapi yang dikurbankan melalui Yayasan Tabung Wakaf Umat” kata Ketua Yayasan Alnof Dinar.

Dikatakan Alnof, total hewan qurban yang dihimpun oleh YTWU adalah 26 ekor sapi dan 1 ekor kambing. 1 sapi dan 1 kambing disembelih di lokasi shalat ied dan selebihnya disalurkan ke daerah pedalaman suku Talang Mamak, Suku Akit, dan daerah pinggiran Kota Pekanbaru.

Baca Juga :  Mengapa Berpuasa?

Sementara itu infak sedekah yang terkumpul berjumlah dari penyelenggaraan Idul Adha ini berjumlah Rp25 juta. Ada pula jemaah yang mewakafkan 10 gram emas dan mewakafkan uang sejumlah Rp15 juta.

Poto: Istimewa.

Komentari Artikel Ini