Kolaborasi PT RAPP dengan Pemprop Atasi Karhutla

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Pangkalan Kerinci – Perusahaan bubur kertas ini (PT. RAPP) mempunyai cara ampuh mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering menjadi sorotan semua pihak.

Caranya cukup sederhana tetapi memerlukan kepedulain dan keseriusan dan kontiniu.

PT. RAPP dalam mencegah karhutlah melakukan kolaborasi dan memadukan program pemerintah propinsi dalam hal ini Dinas Pertanian Propinsi Riau.

Kolaborasi program karhutlah swasta dan pemerintah ini menurut Meneger Fire Free Village (FFV) PT. RAPP Sailal Arimi sangat ideal dalam mengatasi karhutla.

“Di kelurahan Langgam perusahaan dalam mengatasi karhutlah berkerja sama dengan penerintah propinsi Riau khususnya Dinas Pertanian Propinsi. Perusahaan melakukan pembersihan lahan tanpa bakar untuk menanam tanaman palawija sedangkan pemerintah menyediakan bibit untuk ditanam pada Kelompok Tani,” ujar Sailal, saat ditemuai suaraburuhnews.com di kantor Lurah Timur Pangkalan Kerinci, Senin 20 Maret 2017.

Selain itu untuk menentukan lahan masyarakat yang dijadikan untuk penanaman palawija adalah lahan setiap musim kemarau sering terbakar. Dengan ditanami warga maka lahan tersebut terhindar dari kebakaran.

Pantauan suaraburuhnews.com di lapangan, saat ini perusahaan terbesar di Asia ini sedang melakukan pembersihan lahan tanam tanpa bakar di Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam.

Informasi warga Langgam luas lahan yang akan ditanami jagung seluas 5 hektar. Dan saat ini lahan tersebit sudah siap tanam namun karena banjir belum bisa ditanami tanaman jagung.(sbnc/mk)

Komentari Artikel Ini