Lanjutan Sidang Karhutla Terdakwa PT ADEI, Kadis LHK Riau Bersaksi

Bagikan Artikel Ini

Lanjutan Sidang Karhutla Terdakwa PT ADEI, Kadis LHK Riau Bersaksi

Suaraburuhnews.com – Pangkalan Kerinci – Lanjutan sidang Karhutla (kebakaran dan lahan) terdakwa PT ADEI Plantations and Industry terus digebut. Sidang Hari ini Selasa (1/9/2020) sekira pukul 11.00 WIB palu sidang diketuk oleh Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan, Bambang Setiawan, SH, MH tanda sidang lanjutan pemeriksaan saksi terus digelar.

Sidang kali ini agenda pemanggilan saksi kesekiankalinya. Pada hari ini giliran pemanggilan saksi mantan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Propinsi Riau, H. Ervin Rizaldi. Mantan Kadis LHK propinsi Riau itu dicecar berbagai pertanyaan oleh dewan hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang saat itu manjadi Kadis LHK propinsi Riau.

BACA :  LSM Laporkan Kepala Desa Segamai di Polres Pelalawan

“Sejak menjadi Kepala Dinas, apakah pernah tau kejadian karhutla yang disebabkan oleh PT ADEI,?” tanya Hakim Ketua kepada mantan Kadis itu.

“Terhadap kebakaran yang dilakukan oleh perusahaan KLH Propinsi Riau telah adanya’tim gabungan dari propinsi dalam penanganannya. Dan KLH ada didalam bagian itu,” jelasnya.

Dia juga mengatakan KLH propinsi Riau kalau ada permintaan dan pengaduan masyarakat baru ada pengawasan dan bantuan oleh LHK prooinsi diberikan karena kewenangan penuh ada di Kabupaten, katanya.

BACA :  Teror Kepada Kasi Penkum Kejati Riau, Ini Pendapat Ahli Hukum Pidana

“Apakah kerjanya menerima pengaduan saja?” tanya hakim lagi.

Kemudian hakim juga bertanya koordinasi seperti apa yang dilakukan oleh DLHK terhadap perusahaan yang berpotensi Karhutla. Dan apa penyebab Karhutla yang terjadi oleh PT ADEI, cecar hakim.

Mantan Kepala Dinas itu mengatakan perusahaan dalam hal ini PT ADEI dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan tidak mengacu kepada Permentan No 5 Th 2018 tentang pembukan lahan/ pengolahan tanpa membakar sehingga terjadi kebakaran hutan dan lahan, katanya di depan hakim yang mulia.

BACA :  PT AA Hancurkan Kearifan Lokal, 2 Hektar Hutan Kepung Sialang Dibabat

Sidang ini berlangsung lebih kurang satu jam. Dan sidang diskors beberapa menit karena kumandang sholat Zuhur.

Ditulis: Rojuli
Editor: Aps
Poto : Mantan Kadis LHK bersaksi dipersidangan Karhutla PT ADEI.

Komentari Artikel Ini