Masih Terkait Protes Bau Busuk, Siang Ini AMBB Demo PT RAPP

Masih Terkait Protes Bau Busuk, Siang Ini AMBB Demo PT RAPP

Suaraburuhnews.com – Pangkalan Kerinci – Belum sampai sebulan diresmikannya pabrik PT APR oleh Presiden Jokowi, sudah sekian kali aksi protes dilakukan berbagai komponen masyarakat di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Protes berbagai komponen masyarakat itu terkait dengan pencemaran udara yang diduga berat berasal dari cerobong pabrik PT APR yang mengakibatkan bau busuk di Kecamatan Pangkalan Kerinci dan sekitarnya.

Hari ini Sabtu (14/3/2020) Aliansi Menolak Bau Busuk (AMBB) akan melakukan aksi di pos 1 & 2 pintu gerbang masuk komplek perumahan dan pabrik PT RAPP / PT APR.

Berdasarkan surat yang dikirim ke Kapolres Pelalawan oleh AMBB yang sudah menyebar ke medsos bahwa aksi damai itu dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan pengerahan massa sebanyak 250 orang.

Tuntutan AMBB adalah:
1. Tuntaskan bau busuk yang diakibatkan oleh pabrik APRIL group yaitu PT RAPP, PT APR dan APY. Karena diduga mengakibatkan pencemaran udara dan berdampak membahayakan kesehatan masyarakat.
2. Miminta kepada APRIL Group mempublikasikan setiap harinya kualitas udara kepada masyarakat umum.
3. Apabila selama tujuh (7) hari tidak ada tindak lanjut atas tuntutan poin 1 dan 2 maka akan mengelar aksi unjuk rasa menyampaikan aspirasi permasalahan tersebut ke pemerintah pusat.

Aksi ini sebagai Koordinator Lapangan (korlap) Koralap 1 Ardi Wiranata, Korlap 2 Dedi Azwandi dan Koordinator Umum (Kordum) Tauhid Marifatullah.

Aksi ini juga diundang oleh Ormas dan OKP, Laskar Melayu Riau Pelalawan,
ICMI Muda Pelalawan, KAMMI Pelalawan, Persatuan Pemuda Melayu Pesisir dan PTMP Riau.

Menurut salah seorang pemuda Pangkalan Kerinci yang akan turun pada aksi ini bahwa titik kumpul aksi demo bertempat di depan Masjid Al-Mutaqin (Masjid Raya) Jalan Lintas Timur. Dan massa aksi longmarch menuju titik aksi di pos 1 dan pos 2 PT RAPP. (sbnc).

Poto: Pabrik PT APR

Komentari Artikel Ini