Tanamkan Nilai Pancasila, Kodim Sintang Berikan Wasbang Kepada Pelajar

Bagikan Artikel Ini:

Tanamkan Nilai Pancasila, Kodim Sintang Berikan Wasbang Kepada Pelajarp

Suaraburuhnews.com – Sintang, Jumat (6/12/19) – Dalam rangka menanamkan nilai – nilai pancasila serta jiwa patriotisme kepada pelajar, Kodim 1205/Sintang menyelenggarakan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMK Muhammadiyah Sintang, Jalan Akcaya 2, Kab. Sintang, kemarin.

Adapun tema yang diusung “Melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Kodim Sintang Siap Membina Dan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Serta Mempererat Ke-Bhineka Tunggal Ika-an Dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Materi yang diberikan meliputi nilai – nilai Pancasila yang disampaikan Serka Otnil Simanjuntak, sedangkan Kepramukaan oleh Serka Sajidin Agus, sementara praktek PBB diberikan Kopda Hendrik dan Kopda Riyan.

Baca Juga :  Tuan Rumah HPN dan HUT JMSI Ke-4, Panitia Gesa Sejumlah Persiapan di Duri Bengkalis

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki mengatakan, materi wawasan kebangsaan yang diberikan kepada pelajar tersebut dengan harapan, kedepan menjadikan para generasi muda yang berprestasi dan menjadi bintang masa depan dari Kabupaten Sintang serta yang berjiwa patriot dan semangat mengisi kemerdekaan dengan karya nyata.

“Generasi muda harus mampu menjadi yang terbaik demi masa depan yang lebih cemerlang,” kata Dandim.

Lanjutnya mengatakan, para pelajar selalu menjadi sasaran paham kapitalis, komunis, pornografi maupun Narkoba dan kesemuannya itu bertentangan dengan nilai – nilai pancasila. Banyak paham yang bertujuan mencuci otak generasi muda melalui gaya hidup modern serta berusaha mencabut pribadi para pemuda dari budaya dan kepribadian bangsa.

Baca Juga :  Kapolres AKBP Suwinto Didampingi Ketua PN Benny Arisandy Gerebek Markas JMSI Pelalawan

“Sebagai pemuda harus selalu menjaga persatuan dan menyebarkan perasaan saling menyanyangi antar anak bangsa guna membangun spirit kebangsaan menuju Indonesia yang maju dan makmur sesuai dengan cita – cita luhur para pejuang,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Sintang, Bapak Asep Muslim mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1205/Sintang yang telah menyelenggarakan kegiatan Wasbang ini, kami berharap para siswa-siswi mengerti dan memahami yang disampaikan oleh nara sumber. Disamping itu juga, mampu mengimplementasikan dalam upaya mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan tertanam jiwa patriotisme. “Semoga ini bermanfaat bagi anak didik kami dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara,” tuturnya. (Pendam XII/Tpr)

Komentari Artikel Ini