16 Tahun Kabupaten Pelalawan, Akankah Melahirkan Kabupaten Baru ?

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Pangkalan Kerinci – Tahun ini Kabupaten Pelalawan, genap berusia 16 Tahun. Setiap tahun pas Tanggal 12 Oktober menjadi hari Kelahiran Kabupaten Pelalawan. Dan sudah menjadi agenda bahwa sebelum Hari Ulang Tahun peringatan kelahiran anak Kabupaten Kampar ini melakukan kegiatan promosi dan edukasi yang terlingkup dalam Pelalawan Exspo.

Biasanya seminggu sebelum kegiatan puncak pemeran dan ekspo ini sudah dilakukan. Berbagai stand pameran dari berbagai kepala Dinas atau Badan dan dari pihak perusahaan menampilkan pameran produk dan kemajuan suatu instansi tersebut.

Tampilan seni dan budaya tak luput dari gemuruh pengunjung nan memukau dari tampilan seni budaya dari berbagai stakeholder. Acara hiburan itu dilakukan pada malam harinya. Akan menambah suasana kegembiraan bagi pengunjung Pelalawan ekspo.

Baca Juga :  MENGAPRESIASI HARI BUMI SEDUNIA

Terlepas hingar – bingar di pameran Pelalawan ekspo, diusia Kabuapten yang bermotto AMANAH ini telah mengukir berbagai kemajuan. Kemajuan yang diraih itu tidak semudah membalik telapak tangan. Walau kemajuan yang didapat tentu tak luput dari kekurangan – kekurangan. Kekurangan -kekurangan itu dirajut kembali menjadi keterpaduan dan dibungkus menjadi kekuatan untuk mengisi pembangunan yang berdasarkan kepentingan masyarakat.

Belakangan ini sering dihembuskan oleh tokoh – tokoh yang berasal dari Kecamatan yang berada secara geografis dari Pelalawan Selatan. Meraka ini memberikan wacana pembentukan Kabupaten Pelalawan Selatan. Suatu ide yang dimunculkan yang belum tau apa konsep awal ide ini dihembuskan ke permukaan. Apakah dasarnya kepentingan sekelompok atau benar – benar memeprcepat kesejahteraan dan pembagunan.

Baca Juga :  POTENSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA PERIKANAN MENURUT  UNDANG UNDANG CIPTAKERJA (11-HABIS)

Andaikan memang itu cita – cita Kabupaten Pelalawan Selatan kemudian apakah sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi suatu kabupaten yang bisa dimekarkan. Lalu apakah bisa membiayai dengan PAD untuk menjadi sebuah kabupaten. Kalau kemampuan itu sudah terpenuhi dan persyaratan lain sudah dilakukan maka kemungkinan Kabupaten Pelalawan diusianya yang ke 16 tahun ini akan melahirkan anak kabupaten Pelalawan Selatan.

Namun tak lepas dari niat dan cita – cita para pendiri Kabupaten ini. Para pendiri Kabupaten ini sebagian sudah ada yang menninggal dunia, dan sebagian masih ada yang hidup. Kita sebagai generasi penerus mereka jangan sia – siakan kabupaten ini. Apalagi disalahgunakan untuk segelintir orang – orang. (rj)

 

 

Komentari Artikel Ini