3 Kabupaten Ziarahi Makam Pendekar Malin Kuning

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Tambak – Tiga (3) Kabupaten murid silat Pangean hadiri ziarah ke makam pendekar Malin Kuning di Desa Tambak Kecamatan Langgam, Jumat (24/7/15)pagi. Murid silat Pangean yang hadir pada ziarah itu khusus yang dibawah payung Malin Kuning dari Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar.

Sebelum dilakukan ziarah ke makan Malin Kuning, para murid dan guru silat berhimpun pepat di balai-balai dan beradu keahlian di arena ” laman tuo” . Setiap guru meguji kehaliannya dalam bertarung dengan mengunakan cara silat tradisional yang diiringgi dengan  ” gondang ogung “.

Baca Juga :  Kasad Terima Laporan Kenaikan Pangkat 16 Pati TNI AD

Setelah melakukan persilatan para guru dan murid menuju makan Makam Malin Kuning. Malin Kuning pertama diberikan kepada Syawal. Syawal meninggal lebih kurang 30 tahun yang lalu. Konon kabanya  kesaktian yang dimiliki pendekar Malin Kuning ini cukup banyak. Salah satunya digulung dalam tikar Malin kuning ini kemudian ditikam pakai tombak sampai hancur tikar tersebut namun sang malin kuning masih utuh tanpa ada luka sedikitpun.

Ziarah ke makam guru silat Pangean ini sudah menjadi agenda para murid-muridnya. Setiap 7 Syawal ziarah ke makam Malin Kuning setiap tahun tetap dilaksanakan.

Baca Juga :  M Trinnda Terpilih sebagai Ketum IPR Yogyakarta

Penerus ilmu silat pangean yang dimiliki Malin Kuning turun kepada anaknya, Saidi Marjohan. Gelar tersebut sudah lama dinobatkan kepada putra bungsunya itu belasan tahun yang lalu. (Ags)

Komentari Artikel Ini