Antisipasi Insiden Tolikara Pemkab Pelalawan Lakukan Pertemuan Tokoh Lintas Agama

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Pangkalan Kerinci – Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengadakan pertemuan lintas tokoh agama di kabupaten Pelalawan, Jum’at  (24/7/15). Pertemuan dilaksnakan sekira pukul 14.30 Wib bertempat di ruang rapat kantor Bupati Pelalawan.

Menurut Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan Sinaga melalui Humasnya, Ipda M. Sijabat bahwa telah dilakukan pertemua atau rapat dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Pelalawan menyikapi insiden Tolikara Papua.

Menurut Humas Polrres Pelalawan pertemuan tersebut di pimpin oleh Sekdakab Pelalawan H. Tengku Mukhlis, Kapolres Pelalawan AKBP Ade  Johan Sinaga dan Kemenag H. Zulkifli..

Hasil dalam pertemuan tersebut membuat pernyataan sikap dan himbauan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten  Pelalawan degan isinya, mengecam terjadinya insiden Tolikara, mendukung sepenuhnya upaya penegakan hukum dengan mengedepankan profesionalitas dan percepatan rekonsiliasi sosial yang sedang di lakukan pemerintah. Menghimbau kepada tokoh Islam, Kristen, Katholik, Budha, Hindu dan Konghu Chu agar mengedepankan kerukunan antar umat beragama dan menjaga toleransi agama dalam bingkai keutuhan NKRI, dengan terus-menerus membangun komunikasi positif untuk mengawal stabilitas kerukunan beragama yang telah terbangun.

Baca Juga :  Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadhan 1442 H, 13 April

Selanjutnya, menghimbau kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar menenangkan dan mengontrol umat masing – masing untuk tidak melakukan tindakan yang merusak kerukunan antar umat bergama. Menghimbau masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk tidak terpengaruh dengan insiden tersebut dan menolak setiap upaya provokasi masyarakat berkaitan dengan insiden tersebut.

Menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada aparat pemerintah dan atau aparat penegak hukum jika menemukan upaya atau gerakan mencurigakan yang mengganggu stabilitas sosial dan kerukunan hidup beragama di lingkungannya masing – masing.

Baca Juga :  Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1442 H Jatuh Pada Selasa 13 April 2021

Pernyataan tersebut di tanda tangani oleh seluruh peserta rapat yg hadir dan di saksikan oleh Sekda Kabupaten Pelalawan, Kapolres Pelalawamn dan Kemenag. (rj)

Komentari Artikel Ini