Asap Riau Tanggung jawab siapa?

Bagikan Artikel Ini:

Asap Riau Tanggung jawab siapa?

Tuhan Tolong kami warga Riau! Kepada Siapa Pagi Kamikan Mengadu

Kebakaran hutan kembali merajalela di Riau. Satgas karhutla dibawah kepemimpinan gubernur Riau Syamsuar pun tak sanggup menahan laju asap hasil kebakaran hutan.

Pada tanggal 12 Agustus 2019 kemarin Kapolri, Panglima TNI, MKLHK dan BNPB Pusat sempat melihat dan meninjau lokasi kebakaran di provinsi Riau khususnya di Pelalawan. Sekarang sudah di sini lagi. Bahkan dikabarkan di media bahwa presiden RI Jokowi akan berkantor di Riau.

Akan tetapi, yang terus terjadi kebakaran malah semakin hari semakin menjadi dan meluas dibeberapa Kabupaten dan kota di Riau.

Asap mengebul di setiap malam dan pekat di pagi hari, penyakit ISPA sudah mengena tanpa pandang bulu baik dewasa, anak anak (sangat dikhawatirkan jika mengena pada balita).

Baca Juga :  “NEW NORMAL : Perubahan Sistem Pendidikan, Perubahan Sosial Ekonomi, dan Politik Akibat Covid 19” Oleh : Heri Kurnia

Hingga akhirnya, tindakan yang paling tepat yang ditunggu adalah tindakan tegas dari aparat penegak hukum terhadap para pemilik atau sekaligus pelaku pembakaran hutan jika memang benar harus ditindak seadil- adilnya, himbauan kepada Menteri Kesehatan untuk hadir melalui surat saktinya untuk membantu obat – obatan atau mengeluarkan himbauan terkait penyakit akibat dari asap.

Kepada Gubernur kami sampaikan tolong tegas kepada perusahaan yang jelas lahannya terbakar untuk disanksi, apabila mereka sengaja cabut ijinnya.

Terimakasih kepada pahlawan pemadam dari pihak terkait yang terus menerus berjuang memadamkan api kebakaran hutan.

Baca Juga :  ZONA PASAR BEBAS, INDONESIA DIAMBANG BADAI PERDAGANGAN INTERNASIONAL.

Terkhusus untuk bapak presiden RI Jokowi Dodo, Bapak Presiden harus tegas kepada Kapolri untuk menindak tegas baik person maupun koorporasi yang terlibat pembakaran hutan, disini kehadiran bapak sangat dinanti nantikan karena menyangkut bahaya polusi untuk menyelamatkan hampir 7 juta penduduk Riau dan menjaga hubungan baik antar negara yang berbatasan langsung dengan Riau yakni Singapore dan Malaysia yang merasakan imbas akibat kebakaran hutan atau lahan di Indonesia.

Semoga Tuhan yang mahakuasa melindungi warga Riau dan semoga bencana ini segera berlalu. Amin. (Opini)

Ragil Ibnu Hajar
Tinggal di Pekanbaru.

Komentari Artikel Ini