Hari ini Puncak Acara Balimau Kasai di Kabupaten Pelalawan

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Langgam – Acara adat puncak menyambut bulanan puasa di Kabupaten Pelalawan dilaksanakan pada hari ini Rabu 24 Mai 2017.

Seperti biasanya acara adat menyambut bulan suci ramadhan tahun ini tak ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti arak -arakan adat dari Gedung serba guna menuju balai anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga Kelurahan Langgam. Dan para ninik mamak dan persukuan yang ada di Kecamatan Langgam melakukan togak “tonggol” tanda kebesaran adat di Kecamatan Langgam.

Kemudian dilanjutkan dengan sholat zuhur berjemaah di masjid Raya Nurulfalah Langgam. Setelah itu dilanjutkan makan beradat di balai anjungan ranah tanjung bunga.

Baca Juga :  Tuan Rumah HPN dan HUT JMSI Ke-4, Panitia Gesa Sejumlah Persiapan di Duri Bengkalis

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara pokok yakni kata sambutan dari Bupati Pelalawan, Ketua Lembaga Adat Melayu Pelalawan dan tokoh adat lainnya.

Acara ini akan ditutup dengan prosesi dengan mandi balimau dimana para perwakilan dari masyarakat 3 unsur tali nan bapilin tigo yakni dari unsur syaraq, dari adat dan dari pemerintahan. Prosesi ini dimandikan oleh Bupati Pelalawan, Lembaga adat dan unsur lainnya.

Setelah itu dianjurkan pawai pompong hias yang dilombakan oleh panitia kepada peserta yang datang dari berbagai instansi pemerintah, swasta dan lainnya. Biasanya para peserta pompong hias ini para juara akan diberikan hadiah kepada para pemenang lomba.(sbnc/02)

Komentari Artikel Ini