Istana Siak Dibakar Namun Belum Melebar

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Siak – Istana peninggalan Kerajaan Siak Sultan Syarif Kasim di Siak nyaris jadi arang ketika orang tak dikenal (OTK) membakar isi dalam istana tersebut, Senin (8/1/2018).

Beruntung kejadian cepat diketahui pihak petugas penjaga istana, sehingga hanya menghanguskan beberapa pakaian patung simulasi rapat raja dan kain tirai.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni membenarkan kejadian tersebut. Dikatakannya bahwa kejadian terjadi sekitar pukuk 14.00 WIB, saat itu kejadian cukup kecapat dan petugas langsung memadamkan api.

Baca Juga :  Jalur Pita Merah dan Biru PT GSI Belum Ganti Rugi, Lagi Bohongi Masyarakat Kecamatan Langgam

“Saat itu kejadian cukup cepat karena aksi pembakaran itu diduga menggunakan bensin, untungnya petugas yang berjaga langsung memadamkan api,” ujar Fauzi.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyayangkan adanya upaya pembakaran Istana Siak tersebut dan meminta pihak berwajib untuk mengusut tuntas kasus ini.

“Ini harus diusut tuntas karena Istana Siak merupakan marwah masyarakat Riau khususnya, nusantara umumnya. Pihak keamanan harus mengusut ini sampai tuntas,” tegas Gubernur Riau.

Selain melaporkan kepada pihak berwajib, Andi juga minta instansi terkait melaporkan peristiwa ini ke Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI. Karena Istana Siak merupakan cagar budaya tak ternilai harganya.*

Baca Juga :  UPAH TAK DIBAYAR PT GSI, WARGA DUA KAMPUNG GERUDUK KANTOR EMP BENTU Tbk

Editor : Rojuli

Dari berbagai Sumber

Komentari Artikel Ini