Lahan Perkebunan Kelapa Sawit PT GH Terbakar

Bagikan Artikel Ini:

Lahan Perkebunan Kelapa Sawit PT. GH Terbakar

Suaraburuhnews.com – Ukui – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan tak ada hentinya. Kali ini lahan diduga milik PT. Gandaera Hendana.

Areal Hak Guna Usaha (HGU) PT Gandaera Hendana terbakar sejak 26 Maret 2019 dan sampai 2 April 2019 asap mengepul. Belum diketahui secara pasti berapa luas areal ini terbakar.

Informasi yang dirangkum awak media dari bagai sumber baik dari masyarakat, camat Ukui, mereka tidak menanfik adanya persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sana.

Menurut keterangan salah seorang warga, Yono (46) warga Kecamatan Ukui, kebakaran yang diduga berada di kawasan konsesi PT Gandaera Hendana masih saja berlansung.

Baca Juga :  Ini Peringatan BMKG Cuaca di Riau

“Di lokasi api masih membakar lahan konsesi PT Gandaera Hendana. Kendati saya tidak lansung di lapangan, namun dari kejauhan asap masih mengepul sampai saat ini,” Ucapnya.

Camat Ukui Amri Juharza saat dikonfirmasi juga memgakui adanya dugaan kebakaran di areal konsesi PT Gandaera Hendana.

” Pqda Tanggal 26 Maret ada kebakaran di sana. Saya tidak tahu berapa luas areal yang terbakar. Dan hari ini, saya tidak tahu persis api masih berkobar. Nanti saya cari info dari desa terdekat,” Jelasnya.

Baca Juga :  Kadis LHK Riau Mampir di Agro Wisata Durian Musangking RR FARM Pematang Semut Rohil

” Yang jelas kebakaran tersebut berada sangat jauh dari kecamatan dan berbatasan dengan wilayah kabupaten tetangga (Inhu-red),” kata Camat.

Guna mengklarifikasi adanya kebakaran di wilayah Kecamatan Ukui, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah Pelalawan Drs. H. Penandio M. Si mengatakan berdasarkan laporan lapangan itu hanya titik hot spot dan bukan fire spot.

Terpisah Humas PT Gandaera Hendana Hendri saat dihubungi media ini mengatakan adapun lokasinya 6 km ke arah utara dan 10 km ke arah barat berbatas dengan PT. GH. (sbnc/01).

Poto : Istimewa

Komentari Artikel Ini