Peternak Ayam Langgam Gagal Total, Ditemukan Ada Penyakit Baru

Bagikan Artikel Ini:

Peternak Ayam Langgam Gagal Total, Ditemukan Ada Penyakit Baru

πŸ…’π—Žπ–Ίπ—‹π–Ίπ–»π—Žπ—‹π—Žπ—π—‡π–Ύπ—π—Œ.π–Όπ—ˆπ—† – Langgam – Peternak ayam pedaging atau ayam potong di Desa Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan mengalami gagal panen. Kegagalan dialami sekitar ratusan juta rupiah.

Menurut peternak, Safar (60) panen sebelumnya tidak pernah terjadi pada ayamnya namun pada panen bulan ini mengalami kerugian total. Hasilnya cukup menurun drastis.

“Penen bulan kemarin ada 10 ton dari bibit 8.000 ekor, tapi panen bulan ini hanya 4 ton,” katanya kepada suaraburuhnews kemarin Senin (15/6/2021).

Baca Juga :  Gempa Guncang Bandung, Garut dan Cianjur

Menurut perhitungannya kerugian yang dialaminya berkisar dua ratus juta rupiah.

Kerugian peternak ayam ini baru kali ini dialaminya. Penyakit yang disebabkan oleh ayamnya sudah dilaporkan ke pihak terkait namun dokter hewan tersebut tidak bisa memberikan jenis penyakit yang diderita oleh ayam potong tersebut. Dan penyakit ini adalah jenis baru yang belum ada ditemukan, jelas Safar.

Secara kasat mata, gejala pertama ayam berumur 14 hari sudah mulai sakit. Ciri-ciri penyakit ayamnya adalah awalnya bengkak mata dan kemudian mata ayam tersebut bernanah dan pecah, jelas Safar.

Baca Juga :  Satu Unit Rumah Warga Labuhan Bilik Ludes Dilalap Api

Pantauan media ini di kandang ayamnya kemarin banyak bangkai ayam bergelimpangan yang dikerumuni lalat hijau.

Pewarta : R01
Editor: Aps

 

Komentari Artikel Ini