Propinsi Riau Dibagi Menjadi 2, DPR RI Syahkan RUU 5 Propinsi Baru

Bagikan Artikel Ini:

Propinsi Riau Dibagi Menjadi 2, DPR RI Syahkan RUU 5 Propinsi Baru

 

πŸ…’π—Žπ–Ίπ—‹π–Ίπ–»π—Žπ—‹π—Žπ—π—‡π–Ύπ—π—Œ.π–Όπ—ˆπ—† – JakartaΒ – DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) lima provinsi, yakni RUU tentang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Jambi, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis, 30 Juni 2022.

Dalam rapat paripurna DPR RI tersebut dilansir Tempo.Co bahwa,”Apakah RUU Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur dapat disetujui dan disahkan menjadi undang-undang?,” ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat memimpin rapat paripurna, yang kemudian dijawab β€˜setuju’ oleh seluruh peserta sidang.

Baca Juga :  Harga Sawit Rp 600, Ketua DPRD Surati Jokowi

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR pada 8 Februari 2022 lalu menyetujui lima RUU tentang provinsi menjadi RUU usul inisiatif DPR. Pengambilan keputusan dilakukan usai fraksi-fraksi DPR menyampaikan pandangannya terhadap lima RUU pembentukan provinsi tersebut. Komisi II kemudian menyetujui hasil pembahasan tingkat I dibawa ke pembicaraan tingkat II, Selasa, 21 Juni 2022.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang menyebut RUU lima provinsi tersebut dibuat dalamrangka penataan ulang dasar hukum pembentukan provinsi tersebut, karena alas hukumnya masih berdasarkan UUDS 1950 (UU Repubik Indonesia Serikat/RIS). Sementara konstitusi saat ini sudah kembali kepada UUD NRI 1945.

“UU tersebut sudah tidak cocok dengan konsep otonomi daerah saat ini,” ujar Junimart saat menyampaikan laporan dalam rapat paripurna.

Baca Juga :  Harga TBS Rp 500, Sebulan Lebih Warga Tak Panen

Pembahasan juga dilakukan karena ada perubahan batas wilayah karena kelahiran provinsi baru akibat pemekaran wilayah dan penambahan kabupaten baru di satu provinsi. RUU tentang lima provinsi itu juga dibahas, karena regulasi sebelumnya belum memuat soal materi keragaman, adat, dan budaya daerah.

Sebelumnya propinsi Riau telah dibagi menjadi dua yakni Propinsi Riau dan Propinsi Riau Kepulauan. Dengan disyahkannya Rancangan Undang-undang (RUU) lima provinsi, yakni RUU tentang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Jambi, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) maka lambat atau cepat Riau akan terpecah lagi menjadi 2 propinsi.*

Foto : Sidang paripurna DPR RI, ist.

 

 

Komentari Artikel Ini