PT IIS Lebih Mementingkan Hasil Produksi Daripada Keselamatan Pekerja, Buruh Patah Kaki

Bagikan Artikel Ini:

 

Pangkalan Kerinci – Kecelakaan kerja kembali terjadi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Inti Indo Sawit (IIS) PMKS 1 Buatan SP V. Kawat atau seling penarik loading ram pengangkut buah sawit lepas menhantam kaki kanan seorang operator, akibatnya kaki kanan Waldes Galingging (39) Operator Loading Ram tersebut patah, Senin (27/7) sekitar. Pukul 10.30 wib.

Informasi tersebut disampaikan  Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pelalawan Budi Agung S, Selasa (28/7) membenarkan adanya kasus kecelakaan  kerja tersebut. Pihak perusahaan telah melaporkan kasus ini ke pihaknya, bahkan diakui adanya kelebihan muatan buah sawit yang ditarik oleh operator.

“Laporan tertulis dari pihak perusahaan, korban bernama Waldes Galingging mengalami patah kaki, dilarikan ke RS Evarina, korban peserta BPJS Tenaga Kerja,” terang Budi Agung.

Baca Juga :  Gempa Guncang Sumbar dengan Magnitudo 5,8

“Korban masih dirawat di evarina, akan dioperasi,” Imbuh Budi Agung.

Pihak Disnakertrans kini masih mempelajari kasus ini, membutuhkan waktu dua hari untuk memastikan bagaimana kasus ini yang sebenarnya. Jika terjadi akibat kesalahan perusahaan, pihak Disnakertrans akan menutup bagian loading ram tersebut hingga perusahaan menyelesaikan semua permasalahan yang berkaitan.

“Kalau kesalahan perusahaan, kita berhentikan sementara, menunggu perusahaan menyelesaikan permasalahan,” tegas Budi Agung.

“Dari laporan tertulis yang disampaikan perusahaan, terjadi muatan Loading Ram melebihi kapasitas dan sebagian roda tidak berfungsi,” terang Budi Agung.

Baca Juga :  Dini Hari Tim Umang umang Terjun ke TKP Ikan Mati di Sungai Kampar

Dalam laporan tersebut, lanjut Budi Agung, ditandatangani Kepala Peroses A Larius Marbun dan Assiten Pabrik Yakop Panjaitan dan diketahui oleh Manager Parnel Saragih. Budi Agung mengakui tahun sebelumnya kasus laka kerja juga terjadi di loading ram di PKS tersebut. “Tahun lalu ada karyawan jatuh menimpa loading ram di perusahaan itu, korban meninggal dunia,” tutup Budi Agung.

Sementara itu beredar informasi di tempat kecelakaan saudara Waldes Galingging (39), bahwa, rel Tali seling penarik loading ram pengangkut buah sawit sudah  berkarat, dan telah lama tidak ditukar dengan yang baru. Sehingga diduga kuat  penyebab utama kecelakaan tersebut.(Ags)

Komentari Artikel Ini