PT Inti Indosawit Subur Buang Limbah, Air Sungai Bak Oli Kotor

Bagikan Artikel Ini:

Ikan berkarung-karung Mati

Suaraburuhnews.com – Pangkalan Kerinci – Masih terasa gatal-gatal pada kulit karyawannya ulah kolam limbah yang dijadikan penampungan air kemudian dikirim ke rumah karyawannya, saat ini perusahaan perkubanan dan pabrik kelapa sawit milik Sukanto Tanoto itu membuang limbah ke Sungai Pangkalan Kerinci.

Pantauan suaraburuhnews,com pada Jumat (14/8/15) siang di seputaran jembatan Sungai Kerinci di Jalan Lintas Timur terlihat kondisi air sungai tersebut hitam pekat seperti minyak oli kotor atau buangan.

Dengan kondisi air seperti itu, salah seorang warga SP 5, Paijo (51) sedang memancing di Sungai tersebut. Kami mencoba menghampiri Bapak paroh baya itu.

Baca Juga :  Gempa Guncang Sumbar dengan Magnitudo 5,8

Lalu kami bertanya, ” Ada dapat ikan Pak ?” dan bapak itu menjawab,” Sudah 3 jam saya memancing Bang, tak satupun ikan ku dapat. Perusahaan (PT.IIS-red) membuang limbah ke sungai ini kemarin. Dan ikan mati berkarung-karung,” ujar Paijo kepada suaraburuhnews dengan nada kesal.

Kemudian kami lihat pada bagian hilir Sungai itu tak ada perubahan, kondisi air tetap hitam pekat seperti oli kotor atau oli buangan. Sungguh mengherankan, dinegri yang taaf hukum aturan sampai hari ini dari pemerintah dan penegak hukum belum memberikan sanksi kepada perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan dan merusak habitat mahluk hidup.(Mk)

Komentari Artikel Ini