Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Bagikan Artikel Ini:

Selamat hari raya idul Fitri adalah ucapan yang setiap kita mungkin pernah menerima ucapan itu. Ucapan itu ada yang secara lisan ataupun secara tulisan kita terima, baik melalui SMS ataupun melalui BBM. Bahkan bisa kedua-duanya kita alami. Kata-kata itu bisa saja datangnya dari sahabat kita nun jauh di sana, dari keluarga yang tak bisa pulang kampung, atau siapa saja.

Sudah kodratnya juga manusia yang diciptakan Tuhan sebagai insan yang selalu mempunyai kesalahan terhadap sesamanya. Tentu dengan kesalahan yang dia sadari maka manusia minta maaf kepada manusia lainnya. Apakah ucapan itu ditujukan kepada kedua orang tua, para keluarganya dan sahabat-sahabatnya dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadhan 1442 H, 13 April

Lalu kita bertanya, apakah kata minta maaf yang kita terima itu hanya sekedar kata-kata yang di copy paste atau hanya sekedar basa-basi dari seseorang yang mengirimkannya? Dan apakah dengan SMS atau BBM yang berisi minta maaf akan diterima maafnya atau akan kita balas secara ikhlas?

Terkadang kata ucapan itu tidak terlahir dari hati yang mendalam. Sehingga danpak yang diharapkan dari yang memberikan ucapan maaf dan yang menerima ucapan itu seakan tidak tulus. Akhirnya ucapan itu hanya sekedar mengikuti tren kemajuan teknelogi informasi yang begitu pesatnya.

Baca Juga :  Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Mengerikan Warga Rohil Diserang Buya Tanpa Kepala dan Tangan

Terlepas dari itu semua, kembalikan kepada yang mempunyai niat terhadap ucapan tadi. Kalau yang memberikan ucapan itu tulus dan yang menerima ucapan memberikan jawaban ikhlas maka akan ada penagaruh positif kedua belah pihak terhadap ucapan selamat yang diberikan.(redaksi)

Komentari Artikel Ini