Sudah Langka, Warga Heboh Pesut Kembali Muncul di Sungai Segati

Bagikan Artikel Ini:

Sudah Langka, Warga Heboh Pesut Kembali Muncul di Sungai Segati

Ditulis : Rojuli
Editor: Aps

Suaraburuhnews.com – Seekor pesut (lumba-lumba air tawar)  kembali muncul di perairan Sungai Segati anak Sungai Kampar persisnya di Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu (16/9/2020).

Kemunculan mamalia air tawar ini menggembirakan warga sekitar sungai lantaran keberadaannya yang sudah langka dan terancam punah.

Seorang warga berhasil mengabadikan kemunculan pesut di sekitar jembatan penghubung Desa Sotol dan Desa Segati Sungai Segati. Seekor pesut tampak berenang dan melompat-lompat di permukaan sungai itu.

Dalam video yang menyebar di WhatsApppada Rabu (16/9/2020), warga bergembira saat melihat kemunculan mamalia yang kini sudah jarang ditemukan lagi itu.

“Inilah penampakan ikan lumba-lumba. Alhamdulillah videonya dapat,” ungkap warga perekam video amatir itu

Baca Juga :  Kenapa Indonesia Dilanda Panas Terik, Ini Penjelasan BMKG

Pesut seumur-umur belum pernah sampai ke Sungai Desa Segati, kata Chandra, salah seorang perangkat Desa Segati kepada suaraburuhnews.com.

“Setau saya lumba-lumba belum pernah seumur hidup aku sampai ke Sungai Desa Segati,” ungkap Chandra.

Pesut dalam bahasa latin disebut Orcaella brevirostris.
Pesut hidup di sungai-sungai daerah tropis, terutama di kawasan Asia Tenggara. Namun, populasi pesut kini tengah terancam punah. Pesut menempati urutan tertinggi dari daftar satwa Indonesia yang terancam punah.

Populasi hewan ini terus menyusut akibat habitatnya terganggu, terutama makin sibuknya lalu-lintas perairan, serta tingginya tingkat erosi dan pendangkalan sungai akibat pengelolaan hutan di sekitarnya. Kelestarian Pesut juga diperkirakan terancam akibat terbatasnya bahan makanan berupa udang dan ikan, karena harus bersaing dengan para nelayan.

Baca Juga :  Peringatan Dini Cuaca di Riau

Sering munculnya ke permukaan Sungai Segati dalam Minggu ini Kepala Bidang Wilayah 1 KSDA Riau,
Andri Hansen Siregar dalam waktu dekat akan turun ke lapangan melihat keadaan yang terjadi di sungai.
“Kita akan turun ke lapangan melihat fenomena ini. Kendalanya dalam kondisi Covid ini tentu kita mengedepankan protokol kesehatan,” katanya kepada suaraburuhnews.com Rabu (16/9/2020).

Sebelumnya nelayan sudah melihat pesut muncul ke permukaan Sungai Segati di Desa Tambak Senin (14/92020). Saat itu nelayan sedang mencari ikan dan melihat pesut sedang muncul kepermukaan air dan warga tersebut juga mengabadikan momen itu divideo amatirnya.

  • Poto : Pesut sedang muncul ke permukaan air Sungai Segati Desa Segati (16/9/2020): Istimewa.

Komentari Artikel Ini