Usaha Ekonomi Kreatif ‘ Boad Robin’ di Pantai Kute Dongkrak Penghasilan Nelayan

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Pantai Kute – Usaha boad robin (baca: perahu mesin-red) di Pantai Kuala Terusan (Kute) Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci Kab. Pelalawan, provinsi Riau telah meningkatkan pendapatan nelayan tradisional di pantai itu meningkat dan menjajikan.

Pantauan suaraburuhnews.com di Pantai Kute terlihat pengusaha boad robin, Ramli (40) sedang memperbanyak unit perahu boad robin miliknya.

“Awalnya saya membuat 5 unit, karena kebutuhan banyak terus maka saya akan produksi 10 unit lagi,” kata Ramli.

Perahu robin hari ke hari semakin banyak yang menyewa. Satu hari sampai puluhan unit perahu robin. Para penyewa kebanyakan mengunakan untuk memancing di Sungai Kampar dan untuk rekreasi berkeliling Pantai Kute. Sewa per hari berkisar seratus ribu rupiah.

Baca Juga :  Peringatan Cuaca di Riau, Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Bapak beranak 3 ini mengakui sejak 4 tahun ini usahanya telah mampu mengangkat taraf kehidupan sehari-hari. “Usaha ini saya tekuni lebih kurang 4 tahun. Hasilnya saya sudah bisa membangun rumah permanen, membuat kebun kelapa sawit satu kapling, menyekolahkan anak dan memperbanyak unit robin,” ujarnya.

Perahu robin terbuat dari papan pilihan. Panjangnya 6 meter lebar 1,30 meter, atap 1 meter dan mengunakan mesin 220 Cc.

Ramli selain menyewakan perahu robin ini juga menerima orderan pembuatan boad siap pakai. Harga per unit sekitar sepuluh juta rupiah.(sbbc/01/).

Komentari Artikel Ini