GP3 & LLMB Investigasi PKS Diduga Tidak Berizin

Bagikan Artikel Ini:

GP3 & LLMB Investigasi PKS Diduga Tidak Berizin

Pelalawan – Gerakan Pemuda Peduli Pelalawan yang disingkat (GP3) yang diketuai oleh Joe Kampe dan Panglima Tengah LLMB Kabupaten Pelalawan Hj Dwi Prima Wahyuni investigasi ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang berlokasi di Desa Pangkalan Panduk Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan.

Investigasi dilakukan pada hari Kamis Tanggal (17/8) sekira pukul 11.45 WIB.

Di depan pabrik tersebut GP3 dan LLMB bernarasi lewat video yang berdurasi dan beberapa bagian episode pertama Jo Kampe meminta Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pelalawan menyegel perusahaan yang diduga tanpa mengantongi izin.

Joe Kampe saat dikonfirmasi mengatakan,”Pelalawan adalah sumber ladang bagi korporasi dan okmun-oknum pejabat. Banyak pabrik daerah kito, itu bagus, bisa dekat masyarakat menjual buah (TBS) dan semoga harga dapat yang elok,” kata Joe Kampe.

Baca Juga :  Mentri Koperasi dan UKM Letakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik CPO dan Pabrik Minyak Makan di Pelalawan

Di sisi lain menjelaskan,”Tapi jangan sampai daerah di rugikan, potensi besar, tapi hasil tidak maksimal. Nah inilah peran dan fungsi masyarakat untuk mendukung program-program pemerintah, program-program pemerintah perlu anggaran, maka kita dukung agar potensi-potensi pendapatan yang ada tidak berkurang atau hilang karena tidak di awasi,”jelasnya.

Joe Kampe menambahkan,” Daerah Jalan Lintas Bono dari Bunut bawak ke hilir, banyak potesi PAD yang yg hilang.
Kalau dah berdiri, baru nak urus IUP-P. Bagaimana dengan izin- izin sebelumnya? Izin mendirikan bangunan/pabrik, administrasi dan teknis sudah sesuai belum dengan RTRW. RDTRKP. RTBL. AMDAL dll. Apakah sudah ada izin-izin tersebut? Kalau sudah ada izin, kenapa bisa kecolongan beroperasi sebelum ada IUP-P.
Seharusnyo izin di urus dulu saat masih perencanaan, baru beroperasi, karena saat pengurusan izin ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, kajian dampak lingkungan, limbah. Ini sudah beroperasi 2 bulan, sudah berapa kerugian daerah disitu. Membuat kerajaan bisnis dengan mengenyampingkan kepentingan daerah itu yang tidak kita nginkan.
Kita minta Pemkab Pelalawan harus tegas jika perlu segel PKS tersebut” Pungkas Joe Kampe.

Baca Juga :  Warga Km 82 Segati Diterkam Harimau Hingga Kepalanya Hilang

Panglima Tengah LLMB Kabupaten Pelalawan Hj Dwi Prima Wahyuni sangat menyayangkan dengan kondisi Pemkab Pelalawan dalam rasionalisasi ada perusahaan yang belum mengantongi izin. Dengan adanya izin tentu akan menambah PAD Kabupaten Pelalawan.(tim)

Editor: Aps
Foto: Tangkapan kamera, Ketua GP3 & Panglima LLMB di depan perusahaan yang diduga tanpa izin.(ist).

 

Komentari Artikel Ini