PN Pelalawan Adakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Bagikan Artikel Ini:

PN Pelalawan Adakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Pangkalan Kerinci – Pengadilan Negeri Pelalawan gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu (1/6/2024) di halaman Kantor Pengadilan Negeri Pelalawan.

Pada upacara dengan tema “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045,” Tampak Ketua PN Pelalawan Benny Arisandy, SH.MH yang bergelar Datuk
Seri Abdi Arif Penimbang Negeri saat bertindak sebagai inspektur upacara berpakaian baju adat melayu Riau.

Selain itu, ikut dalam peringatan hari lahir pancasila hakim-hakim, pejabat structural, fungsional dan pegawai pengadilan negeri pelalawan serta dihadiri pula oleh pejabat diluar pengadilan negeri pelalawan yang masih dibawah naungan pengadilan tinggi Riau.

Pada kesempatan itu, dalam amanatnya, inspektur upacara membacakan Pidato Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, “Tema kali ini mengandung arti bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujar Benny.

Baca Juga :  Puncak HUT JMSI Malam Ini, Sejumlah Tokoh Riau dan Koorporasi Bakal Terima Penghargaan

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” lanjut pria murah senyum ini.

Ditambahkan Ketua PN Pelalawan juga menjelaskan, bahwa Pancasila memiliki makna sebagai meja statis untuk mempersatukan segenap bangsa Indonesia, dan sebagai leitstar dinamis yang mempunyai fungsi menuntun dan membawa Indonesia kepada gerbang kemajuan dan kemakmuran. Selain itu, Pancasila juga harus menjadi filter dalam mengakses informasi yang terus berkembang dalam kemajuan teknologi informasi, khususnya bagi kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa di masa mendatang.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani, agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan Rakyat Indonesia,” terang PN Pelalawan.

Baca Juga :  Karya Buku Puisi Wina Armada Sukardi Mendapat Anugrah MURI

Diakhir amanatnya, selaku inspektur upacara juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila, bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di PN Pelalawan tidak hanya menjadi ajang refleksi sejarah, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat komitmen seluruh Pegawai dan Warga Binaan Rutan Banjarnegara dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugas serta kehidupan sehari-hari ditengah makin masifnya pertukaran informasi dan globalisasi teknologi.

Pantauan media ini, upacara peringatan hari lahir Pancasila berjalan dengan hikmat dan lancar dengan pengibaran bendera merah putih dan ditutup dengan doa.***

 

 

Komentari Artikel Ini