Sungai Dayung Tercemar, Ikan Sungai Mati

Bagikan Artikel Ini:

Sungai Dayung Tercemar, Ikan Sungai Mati

Pelalawan – Sungai Dayung yang terletak di Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Riau tercemar. Ribuan ikan sungai mati. Warga setempat tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menangkap ikan yang sudah mati tersebut.

Menurut penuturan warga bahwa ikan mulai mati sekitar pukul 08.30 WIB kemarin Jum’at pagi Tanggal 28 Juni 2024.
“Sekitar pukul delapan lewat tiga puluh menit pada hari Jumat,”ungkap warga kepada media ini tadi malam.

Awalnya warga mengetahui Sungai Dayung ini tercemar warga secara tidak sengaja dimana warga sedang melihat kebunnya. Kemudian warga melihat di Sungai Dayung ada ikan mengapung dan sebagian sudah pingsan di permukaan sungai. Lalu warga fokus melihat ikan yang mati itu semakin banyak. Seterusnya warga tadi menangkap ikan dan dikumpulkannya untuk dibawah rumah. Akhirnya warga banyak yang tau ikan mati di Sungai Dayung dan warga ramai-ramai pergi ke Sungai Dayung menangkap ikan tersebut.

Baca Juga :  JMSI Riau Kunjungi Pusat Pembibitan Agroforestri Mitra PHR di Pematang Pudu

Berdasarkan ikan tangkapan warga Jenis ikan yang mati ikan yang hidup di dasar sungai, ikan baung (Hemibagrus) ikan selais (Kryptopterus lais), ikan tapah (Wallago Leerii), dan ikan bersisik .

Pengakuan warga tadi malam ikan masih mati dan sudah sampai ke Sungai Segati ikan mati.
“Ini saya masih di Sungai Dayung Pak, menangkap ikannya,” ujar warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Waktu dkonfirmasi tersebut jam sudah menunjukkan pukul 22.30 WIB. Dan posisi warga masih banyak yang menangkap ikan yang mati di Sungai Dayung dan Sungai Segati.

Baca Juga :  Mentri Koperasi dan UKM Letakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik CPO dan Pabrik Minyak Makan di Pelalawan

Belum tau apa penyebabnya Sungai Dayung ini tercemar. Apakah karena putas atau limbah pabrik. Di hulu Sungai Dayung ini dari dahulunya sampai saat ini ditemukan pipa pembuangan limbah cair Pabrik Kelapa Sawit PT Agrita Sari.

Sampai berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari pihak DLH Pelalawan apa penyebabnya Sungai ini tercemar.(09pg).

Editor: Aps
Foto: Ikan yang mati tercemar di Sungai Dayung. Doc. Ist.

Komentari Artikel Ini