Presiden Jokowi: Insyaallah Tahun Depan Upacara HUT RI di IKN

Bagikan Artikel Ini:

Presiden Jokowi: Insyaallah Tahun Depan Upacara HUT RI di IKN

Jakarta –  Presiden Jokowi mengungkapkan harapannya, penyelenggaraan upacara HUT RI tahun depan (2024) bisa diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Harapan itu diungkapkan Jokowi sesaat sebelum menjalankan tugas sebagai inspektur upacara dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

“Insyaallah, tahun depan insyaallah sudah di IKN. Kita lihat nanti,” ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap di HUT ke-78 Kemerdekaan RI Ke-78 ini, rakyat Indonesia dapat bekerja sama untuk menyatukan keberagaman. Jokowi menyebut persatuan merupakan kekuatan besar negara Indonesia.

Ia mengatakan, keberagaman Indonesia dapat terlihat dari keragaman baju adat yang dipakai oleh masyarakat undangan, tamu undangan, serta pejabat yang menghadiri rangkaian Upacara HUT RI di Istana. Jokowi berharap di usia yang ke-78 Indonesia dapat menyatukan perbedaan dan keragaman.

“Ya, seperti yang kita lihat di istana, keberagaman dipadukan dengan keanekaragaman, bermacam-macam baju adat yang kita pakai. Ini lah sebetulnya kekuatan negara kita. Kalau kita bersatu, solid, kompak, itu lah kekuatan besar Indonesia,”ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi tampil mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng untuk upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi tampak gagah dalam balutan perpaduan warna hitam, putih, merah, dan emas.

Jokowi mengungkapkan baju adat Ageman yang ia pakai merupakan baju yang dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, atau prosesi ketika Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi masyarakat. Dalam proses tersebut, di perjalanannya Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada masyarakat.**

 

 

 

 

Komentari Artikel Ini

Exit mobile version