Akibat Ditutup Aktivitas Bongkar Muat 1.600 Buruh Menganggur

Bagikan Artikel Ini:

Akibat Ditutup Aktivitas Bongkar Muat 1.600 Buruh Menganggur

Cirebon – Sebanyak 1.600 buruh tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, menganggur setelah ditutupnya aktivitas bongkar muat batu bara di pelabuhan tersebut.

Salah seorang Pengurus TKBM Pelabuhan Cirebon, Kadnawi mengatakan saat ini setelah ditutupnya aktivitas bongkar muat batu bara, ribuan buruh TKBM tidak memiliki pekerjaan dan mereka masih menganggur

“Ada 1.600 buruh yang tidak bekerja setelah penutupan aktivitas batu bara di Pelabuhan Cirebon,” katanya ketika unjuk rasa di depan Gedung DPRD setempat, Senin (2/5).

Ia bersama para buruh TKBM lainnya hari ini menggelar unjuk rasa di Gedung DPRD Kota Cirebon dan meminta diberikan solusi yang tepat untuk mereka. Namun, sesampainya di Gedung DPRD pihaknya tidak ditemuai oleh para anggota dewan satu pun, karena menurut informasi anggota dewan sedang reses.

Ia menuturkan mereka sengaja memilih Senin untuk menggelar unjuk rasa agar bisa ditemui oleh anggota DPRD karena Ahad hari libur. “Kalau aksinya pas hari buruh yaitu Ahad kan hari libur, jadi nanti tidak bisa ditemui sama anggota dewan,” ujarnya.

Massa dari TKBM sempat melakukan aksi selama satu jam di depan Gedung DPRD Kota Cirebon untuk meminta perwakilan dari anggota dewan menemui mereka. Namun keinginan mereka tidak bisa terlaksana karena seluruh anggota dewan sedang melakukan reses dan tidak berada ditempat.

“Tadi sempat masuk ke ruangan, tapi tidak ada anggota dewan, katanya lagi reses,” tambahnya.(sumber,rubublika)

Komentari Artikel Ini