Ternyata Banyak Minum Susu ini Danpaknya

Suaraburuhnewscom – Kita semua tahu jika minum susu baik untuk kesehatan. Tapi, jika minum lebih dari tiga gelas susu sehari bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi, Anda sebaiknya tidak minum susu lebih dari tiga gelas dalam sehari. Karena, minum susu berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti berikut ini:

Gangguan pencernaan

Banyak orang yang tak toleran terhadap laktosa tubuhnya tidak dapat memecah laktosa atau gula utama pada susu. Hal ini dapat menyebabkan gas, diare, sakit perut dan mual. Gejala ini dapat bervariasi pada setiap orang, tetapi jika Anda menderita intolerasi laktosa, lebih baik mengurangi asupan susu.

Menambah berat badan

Jika Anda memmilih susu mengandung lemak tinggi, maka bisa kelebihan kalori yang menyebabkan kenaikan berat badan. Susu biasanya memberikan 149 kalori, sedangkan susu skim hanya 90 kalori. Jadi, Anda dapat beralih ke susu skim jika minum susu tinggi lemak berlebihan memengaruhi berat badan.

Menyebabkan alergi

Alergi terhadap susu juga alasan lain mengapa kita harus menghindari minum susu berlebihan. Gejala alergi susu, seperti batuk, sakit perut, dan muntah mulai muncul beberapa menit setelah minum susu, tetapi terkadang beberapa jam. Dalam beberapa kasus, alergi susu dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa, seperti reaksi anafilaksis.

Patah tulang

Penelitian juga menunjukkan bahwa minum susu terlalu banyak meningkatkan risiko patah tulang pada wanita. Padahal, sepengetahuan kita, susu dapat menjadikan tulang kuat. Namun, terlalu banyak minum susu nampaknya tidak melindungi tulang dan justru membuatnya rentan mengalami kepatahan.

Mengganggu penyerapan zat besi

Minum susu dapat memengaruhi penyerapan zat besi dan mengurangi efektivitas nutrisi penting dalam tubuh kita. Hal ini bisa menjadi masalah serius pada anak-anak. Terlalu banyak minum susu dapat membuat anak-anak kekurangan zat besi dan anemia.

Bayi tidak harus diberikan susu sapi. Tetapi, anak-anak berusia di bawah lima tahun tidak boleh minum lebih dari tiga gelas sehari. Demikian dikutip dari okezonenews.

Komentari Artikel Ini