10 Inspirasi Menu Buka Puasa Sehat dan Praktis

Bagikan Artikel Ini:

Suaraburuhnews.com – Anda sudah ada ide akan berbuka dengan apa hari ini? Jika belum, tanpa berlama-lama lagi, berikut inspirasi menu atau lebih tepatnya takjil untuk berbuka puasa yang bisa Anda buat dan disajikan langsung saat waktu berbuka tiba. Selamat mencoba!

Kurma dan segelas teh hangat

Takjil pertama ini merupakan salah satu jenis takjil yang sangat simpel dan praktis untuk menu berbuka yakni dengan kurma ditemani dengan segelas teh manis hangat. Manfaatnya? Banyak sekali. Baik teh dan kurma, keduanya memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Kombinasi yang sangat pas, bukan? Hidangan manis dan praktis.

Kolak pisang

Menu pembuka satu ini juga menjadi salah satu primadona masyarakat Indonesia di kala puasa. Alasannya? Apalagi kalau bukan rasanya yang manis dan mampu memuaskan lidah Anda dengan campuran antara kuah kental dan buah pisangnya. Yummy!

Es kelapa muda

Apalagi jenis minuman segar yang identik dengan bulan puasa? Ya. Es kelapa muda. Dan khusus untuk para ibu dan wanita, bisa jadi ini menjadi minuman favorit kalian, karena ternyata manfaat dari air es kelapa muda ini juga bisa menurunkan berat badan, lho.

Es sop buah

Dari namanya saja sudah terbayang dong, seperti apa kesegeran saat meminum minuman satu ini. Minuman yang merupakan campuran dari berbagai macam buah, seperti strawbery, alpukat, melon, nangka, apel, buah naga, mangga, susu dan es serut ini sungguh mampu menjadi pelepas dahaga di kala berbuka.

Baca Juga :  Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Mengerikan Warga Rohil Diserang Buya Tanpa Kepala dan Tangan

Es pisang ijo

Menu satu ini bahan dasarnya terdiri dari buah pisang yang diselimuti dengan dadar berwarna hijau, kemudian dipotong kecil-kecil, lalu dihidangkan bersama dengan susu, siraman sirup dengan pilihan rasa, dan juga es serut yang akan menambah kesegaran dari es satu ini. Patut dicoba!

Bubur sumsum

Siapa yang belum pernah mencoba menu satu ini? Makanan sederhana ini terbuat dari tepung beras yang memiliki tekstur sangat lembut dengan cita rasa gurih santan yang ditemani dengan siraman saus gulanya yang manis. Kombinasi yang pas!

Es kolang-kaling

Buah satu ini sering juga disebut dengan buah atap. Buah ini memiliki bentuk yang lonjong dan tekstur yang kenyal. Nah, saat bulan puasa, biasanya buah ini banyak sekali tersedia di pasar-pasar. Ibu-ibu sering mengolahnya untuk dijadikan es kolang-kaling. Selain karena proses membuatnya yang cukup mudah dan praktis, buah kolang-kaling sendiri juga memiliki beberapa manfaat, beberapa diantaranya yaitu untuk memperkuat tulang dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga :  FORMASI RIAU Terkejut, Dugaan SPPD “Fiktif Massal Anggota Dewan Rohil Membengkak"

Es timun suri

Tidak hanya es satu ini dapat menyegarkan tenggorokan setelah berpuasa, es timun suri juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Jika Anda berniat mencobanya, hidangkanlah es timun suri ini dengan susu kental manis agar rasanya lebih mantap!

Es rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki khasiat tinggi. Beberapa manfaat dari mengonsumsi rumput laut, yaitu sebagai sumber yodium yang baik untuk pertumbuhan, mencegah diabetes, menyehatkan gigi, dan juga detoksifikasi. Menu ini juga sangat mudah untuk dihidangkan. Hanya perlu beberapa potong rumput laut,  sirup, es lalu aduk hingga rata.

Bubur biji salak

Yang dimaksud biji salak disini, bukan biji salak yang sebenarnya. Bubur biji salak sebenarnya bahan utamanya terbuat dari ubi, gula jawa, tepung sagu dan santan. Menu satu ini juga banyak dijumpai di kala bulan puasa. Namun, khusus untuk menu satu ini, ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak dan sering. Dikarenakan kandungan bahan-bahannya yang bisa menimbulkan gangguan baik pada perut atau tenggorokan. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya.

Sumber : Inspirasi Ramadhan.

Komentari Artikel Ini