MU & Spurs: Misi Memburu Trofi Terakhir

Bagikan Artikel Ini:

London – Manchester United dan Tottenham Hotspur akan melakoni laga penting pada Sabtu (21/4). Mereka akan adu kekuatan untuk memelihara harapan meraih gelar musim ini, yakni menjadi juara Piala FA.

Nasib keduanya tim memang kurang bagus musim ini. Mereka dipastikan tak bisa meraih gelar juara Premier League lantaran trofi sudah pasti diboyong Manchester City. Di Liga Champions pun serupa.

Man United yang sebenarnya lebih difavoritkan justru terjegal oleh Sevilla pada babak perempat final. Tottenhan sebenarnya tampil perkasa saat penyisihan dengan menjuarai Grup H, bahkan sukses memaksa Real Madrid bertengger di posisi kedua.

Sayangnya, kecemerlangan mereka tak berlanjut. Di babak 16 besar mereka harus berhadapan dengan Juventus dan kalah agregat 3-4 oleh klub Italia tersebut. Sementara gelar juara Piala Liga juga sudah disabet Man City.

Pertandingan ini menjadi penting buat kedua tim untuk menyelamatkan musim mereka kali ini dengan setidaknya meraih satu trofi.

Saat menang 2-0 atas Bournemouth, Selasa lalu, Jose Mourinho menantang pemainnya untuk bersaing memperebutkan tempat di tim inti pada semifinal Piala FA melawan Tottenham. Paul Pogba dan Ander Herrera telah membuktikan jika mereka layak masuk 11 pemain yang diturunkan sejak awal. Namun Anthony Martial dan Marcus Rashford belum pasti memikat hati Mourinho.

Ashley Young, Antonio Valencia, Nemanja Matic, dan Romelu Lukaku akan kembali masuk starting XI. Demikian juga dengan Alexis Sanchez. Meski belum tampil konsisten, pemain asal Cile ini sepertinya bakal diturunkan sejak kick-off. David de Gea bakal berdiri di bawah mistar sementara Sergio Romero harus puas menjadi cadangan.

Mourinho akan tetap mengandalkan lini depan kepada Romelu Lukaku. Dalam formasi 4-3-3, pemain asal Belgia ini akan didampingi Jesse Lingard dan Alexis Sanchez, sebagai trio di barisan penyerang.

Partai ini juga akan menjadi ajang duel ketajaman bagi striker MU, Romelu Lukaku dengan penyerang Tottenham, Harry Kane.

Di kubu Tottenham, Dele Alli, Mousa Dembele, Eric Dier, Davinson Sanchez, Kieran Trippier akan kembali masuk 11 pemain yang dimainkan sejak awal setelah diistirahatkan dalam laga melawan Brighton & Hove Albion, pertengahan pekan lalu.

Selama bertanding di Piala FA musim ini, manajer Mauricio Pochettino biasanya menunjuk Michael Vorm sebagai kiper. Namun untuk laga semifinal sepertinya posisi di bawah mistar akan kembali diberikan kepada sang kapten, Hugo Lloris.

Toby Alderweireld tampil sebagai starter saat bermain imang 1-1, Selasa lalu melawan Brighton namun belum diketahui apakah itu cukup meyakinkan Pochettino untuk menampilkannya saat melawan Man United. Jika Alderweireld tak dimainkan maka jantung lini pertahanan akan dikawal Davinson Sanchez dan Jan Vertonghen.

Pochettino bisa saja menerapkan formasi tiga pemain di barisan belakang dengan menurunkan Eric Dier atau Alderweireld mendampingi Vertonghen dan Sanchez. Namun jika tetap mengusung empat pemain di lini pertahanan, maka duet Vertonghen dan Sanchez akan didampingi Kieran Tripper di sisi kanan dan Ben Davies di sisi kiri.

Manchester United bangkit dari kekalahan 0-1 akhir pekan lalu saat menjamu West Bromwich Albion dengan meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah Bournemouth, Rabu lalu. Jose Mourinho harus menjuarai Piala FA agar musim ini tidak mengecewakan.

Di kubu Tottenham, Pochettino sukses mengangkat performa Spurs sehingga selalu masuk empat besar. Namun sepanjang kariernya bersama The Lilywhite dia belum pernah membawa Spurs meraih trofi.

Kali ini peluang itu ada di depan mata. Mereka cuma harus memenangkan dua pertandingan lagi untuk menjadi juara. Tottenham belum pernah lagi beraksi di final Piala FA sejak menjadi juara pada 1991.

Man United punya catatan bagus jika menghadapi Spurs. Mereka selalu menang dalam empat laga terakhir jika bertindak sebagai tuan rumah dan tak pernah kebobolan.

Namun kali ini laga di Stadion Wembley, stadion netral namun musim ini menjadi kandang Spurs. Tantangan bagi pasukan Mourinho. Bisakah mereka mengatasi tekanan dan tetap tampil bagus untuk meraih kemenangan dan lolos ke final melawan semifinal lainnya antara Chelsea melawan Southampton yang digelar Minggu di stadion yang sama.

Perkiraan susunan pemain:

Manchester United 4-3-3
K: David de Gea
B: Antonio Valencia, Chris Smalling, Eric Bailly, Ashley Young
T: Paul Pogba, Nemanja Matic, Ander Herrera
D: Jesse Lingard, Romelu Lukaku, Alexis Sanchez

Tottenham Hotspur (4-2-3-1):
K: Lloris
B: Kieran Trippier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen, Davies
T: Eric Dier, Mousa Dembele
T: Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung-Min
D: Harry Kane

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
18/03/18 Piala FA Manchester United 2-0 Brighton & Hove Albion
31/03/18 Premier League Manchester United 2-0 Swansea City
07/04/18 Premier League Manchester City 2-3 Manchester United
15/04/18 Premier League Manchester United 0-1 West Bromwich Albion
19/04/18 Premier League Bournemouth 0-2 Manchester United

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur
17/03/18 Piala FA Swansea City 0-3 Tottenham Hotspur
01/04/18 Premier League Chelsea 1-3 Tottenham Hotspur
07/04/18 Premier League Stoke City 1-2 Tottenham Hotspur
15/04/18 Premier League Tottenham Hotspur 1-3 Manchester City
18/04/18 Premier League Brighton & Hove Albion 1-1 Tottenham Hotspur

Head to Head
01/02/18 Premier League Tottenham Hotspurs 2-0 Manchester United
28/10/17 Premier League Manchester United 1-0 Tottenham Hotsper
14/05/17 Premier League Tottenham Hotspur 2-1 Manchester United
11/12/16 Premier League Manchester United 1-0 Tottenham Hotspurs
10/04/16 Premier League Tottenham Hotspurs 3-0 Manchester United
08/08/15 Premier League Manchester United 1-0 Tottenham Hotspurs
15/03/15 Premier League Manchester United 3-0 Tottenham Hotspurs

Sumber: BeritaSatu.com

Komentari Artikel Ini