Nelayan Dikagetkan Lumba-lumba Muncul di Sungai Segati

Bagikan Artikel Ini:

Nelayan Dikagetkan Lumba-lumba Muncul di Sungai Segati

Ditulis: Rojuli
Editor: Aps

Suaraburuhnews.com. – Langgam – Pesut alias lumba-lumba air tawar muncul ke permukaan Sungai Segati tepatnya persis di Kuala Sungai Terusan Desa Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Senin (14/9/2020).

Munculnya pesut itu membuat nelayan tradisional kaget. Awalnya pesut membuat gelombang air Sungai Segati kemudian gelombng air itu membuat Demanto (38) bertanya-tanya ada apa air sungai bergelombang.

Tak lama berselang dilihat oleh Desmanto seorang nelayan warga Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam sekira pukul 07:00 WIB. Saat itu Desmanto sedang mencari ikan bersama keluarganya mengunakan perhau robin tiba-tiba dia melihat pesut alias lumba-lumba air tawar kelihatan olehnya sedang bermain dan melompat ke permukaan air sungai. Momen yang langka itu diabadikannya dalam sebuah rekaman video amatir berdurasi 11:45 detik.

Baca Juga :  Kadis LHK Riau Mampir di Agro Wisata Durian Musangking RR FARM Pematang Semut Rohil

Pengakuan Desmnto bahwa,”Pesut sudah 3 hari kelihatan oleh kawan-kawanya namun yang baru jelas terlihat pada hari ini” katanya kepada suaraburuhnews.com Senin (14/9/2020).

Diperkirakannya besar lumba-lumba air tawar itu ukuran besarnya lebih kurang sebesar kaleng cat ukuran 20 kilo,” Ukurannya lebih kurang sebesar kaleng cat ukuran 20 kilo lah. Perkiraan saya 30 kilo ada beratnya dan panjangnya lebih kurang 2 mete lebih,” kata Desmnto menyakinkan.

Fenomena ini jarang dijumpai warga. Terkadang ada dalam tiga tahun sekali atau dalam lima tahun sekali. Menurut mitos munculnya pesut ini pertanda air Sungai Kampar akan naik atau akan terjadi banjir besar dan akan membawa keberkahan ikan sungai akan banyak setelah air sungai surut.

Baca Juga :  Peringatan Dini Cuaca Riau, Berpotensi Terjadi hujan dengan Intensitas Sedang Hingga Lebat yang Dapat Disertai Petir

Poto : Pesut saat muncul kepermukaan Sungai Segati Desa Tambak Kecamatan Langgam (14/9/2020): Istimewa.

Komentari Artikel Ini