Pasca 5 Pintu PLTA Koto Panjang Dibuka, Bebepa Akses Jalan Kec. Langgam Ditutup

Bagikan Artikel Ini:

Pasca 5 Pintu PLTA Koto Panjang Dibuka, Bebepa Akses Jalan Kec. Langgam Ditutup

Pelalawan – Pasca dibukanya 5 pintu waduk PLTA Koto Panjang beberapa akses jalan di Kecamatan Langgam ditutup.

Kapolsek Langgam Iptu Alfredo Krisnata Kaban, SH menyampaikan kepada awak media, Rabu Tanggal (20/12/2023.

“Perkembangan situasi ketinggian debit air pasca dibukanya 5 pintu air pelimpah waduk PLTA Koto Panjang Kabupaten Kampar dengan ketinggian 110 cm yang mengakibatkan banjir pada akses Jalan Lintas Lubuk Ogung – Langgam dan Jalan Pemda – Jalan Koridor RAPP ke Pkl Kerinci Wilayah Hukum Polsek Langam dalam rangka cooling system mewujudkan situasi yang kondusif pemilu damai 2024,” kata Kapolsek Langgam itu.

Kapolsek melanjutkan,” Pada Hari Rabu Tanggal 20 Desember 2023 sekira pukul 11.30 Wib, telah dilakukan pengecekan ketinggian debit air di Jalan Lintas Lubuk Ogung – Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dalam rangka Cooling System mewujudkan situasi yang kondusif dalam bergulirnya tahapan Pemilu Tahun 2024,” lanjutnya

Kapolsek Langgam juga mengatakan, dalam kegiatan tersebut Personil Polsek Langgam membantu masyarakat yang ingin menyebrang menggunakan pompong baik dari arah Kec. Pkl. Kerinci maupun dari arah Kec. Langgam, sehingga peran POLRI dalam menjaga Harkamtibmas menjelang Pemilu Tahun 2024 dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

Adapun ketinggian debit air saat ini untuk jalan yang menghubungkan Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam ke Desa Lubuk Ogung Kecamatan Bandar Seikijang ± 68 Cm (tidak bisa dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4) dengan panjang lebih kurang 850 M, sedangkan untuk jalan penghubung menuju Kecamatan Pangkalan Kerinci yang melewati Jalan Koridor RAPP ketinggian debit air mencapai 60 Cm (tidak bisa dilalui Kendaraan roda 2 dan roda 4 dengan panjang 400 M.

Untuk ketinggian permukaan sungai Kampar terjadi kenaikan debit air 10 Cm dari hari sebelumnya.

Pengguna jalan dengan tujuan Pekanbaru dan Pkl Kerinci saat ini menyeberang menggunakan ponton milik PT RAPP baik KM kendaraan roda 2 maupun roda 4 sehingga terjadi antrian panjang dan pasca PLTA Koto Panjang menambah ketinggian bukaan pintu Air pelimpah waduk menjadi 110 Cm diperkirakan dalam beberapa hari kedepan kenaikan debit air akan terus meningkat sehingga PT RAPP akan menghentikan sementara operasional ponton pada hari Kamis Tanggal 21 Desember 2023 pukul 00.00 Wib.***

 

Komentari Artikel Ini