Asap Selimuti Kota Pekanbaru Ternyata Berasal dari Karhutla di Pelalawan

Bagikan Artikel Ini:

Asap Selimuti Kota Pekanbaru Ternyata Berasal dari Karhutla di Pelalawan

Pekanbaru – BMKG mengungkap asal-usul kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru dua hari terakhir. Asap itu disebut berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang ada di wilayah Pelalawan.

Kepala Stasiun BMKG Pekanbaru, Ramlan Jambak, mengatakan udara kabur akibat kebakaran lahan di wilayah Pelalawan. Selain itu hujan yang terjadi di beberapa wilayah menyebabkan asap dan air menyatu hingga mengakibatkan udara kabur.

“Dari informasi yang kami terima dari rekan-rekan BPBD dan Manggala Agni, masih terjadi kebakaran di beberapa wilayah di Pelalawan,” kata Ramlan, Minggu (1/10/2023).

Selain kebakaran lahan, ada beberapa daerah yang terjadi hujan ringan. Akibatnya asap sisa kebakaran lahan tercampur dengan sedikit air dan menyebabkan udara kabur.

“Terjadi hujan ringan di wilayah Pelalawan kemarin. Sehingga asap yang tercampur dengan sedikit air akan mengakibatkan udara semakin kabur dan berat atau lambat untuk bergerak,” imbuh Ramlan.

Untuk itu, Ramlan mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar pakai masker. Mengingat udara diselimuti asap.

“Sebaiknya bila beraktivitas di luar rumah, tetap menggunakan masker,” kata Ramlan.

Editor: Redaksi
Foto: Kondisi asap di Pangkalan Kerinci (1/10).
Sumber: detikSumut.

Komentari Artikel Ini