JMSI dan Kejari Pelalawan Gelar Edukasi Cegah Cyberbullying Di SMAN 1 Pangkalan Kerinci

Bagikan Artikel Ini:

JMSI dan Kejari Pelalawan Gelar Edukasi Cegah Cyberbullying Di SMAN 1 Pangkalan Kerinci

πŸ…’π—Žπ–Ίπ—‹π–Ίπ–»π—Žπ—‹π—Žπ—π—‡π–Ύπ—π—Œ.π–Όπ—ˆπ—† – Pangkalan Kerinci – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Pelalawan berkerjasama dengan Kejaksaan Negeri Pelalawan menggelar sosialisasi tentang Cegah Siswa Terjerumus Cyberbullying kepada para siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (16/3/2023) di aula SMAN 1Pangkakan Kerinci.

Sosialisasi cyberbullying di SMA Negeri 1 Pangkakan Kerinci dihadiri Ketua JMSI Kabupaten Pelalawan, Erik Suhenra S. I. Sekretaris Rahmat Faisal SH, Bendahara Apon Adiwijaya SE, Penasehat JMSI Pelalawan Asep Putra Sulaiman, Dewan Pakar JMSI Pelalawan HM Rojuli S. Sos, dan Pengurus JMSI Pelalawan, Dedi Rizaldi dan Liaz Abnur.

Sedangakan dari Kejaksaan Negeri Pelalawan diwakili Mahardika, Yenni dan Cristen dan dari pihak sekolah langsung dihadiri Kepala SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Drs. Adroni, M.Pd.

Dalam sambutan Ketua JMSI Kabupaten Pelalawan, Erik Suhenra S. I. Kom mengatakan, kegiatan sosialisasi Cyberbullying dan Cybercrime ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam upaya mencegah terjadinya tindakan kekerasan di dunia maya.

Baca Juga :  JMSI Riau Coret Puluhan Media Online dan Bekukan Sementara Pengurus JMSI Pekanbaru

“Kita berikan edukasi terkait tentang bentuk-bentuk perundungan di kalangan remaja hingga pencegahannya dengan maksud siswa lebih dini mengenal hal tersebut dan tidak melakukannya di lingkungan pergaulan mereka. Selain itu, juga terlaksananya kegiatan ini dalam rangka memperingati HPN tahun 2023,”ucap Ketua JMSI Pelalawan, Erik Suhenra.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Drs. Adroni, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada organisasi Pers dan Kejaksaan Negeri Pelalawan yang telah berkunjung ke SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Dan memberikan edukasi terikait Cyberbullying dan Cyberbullying pada siswa dalam menggunakan medsos.

β€œSemoga para siswa dapat melakukan penerapannya agar tidak menjadi pelaku bullying maupun korban, sehingga mengurangi segala bentuk cyberbullying,” terang Kepala SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci, Drs. Adroni, M.Pd.

Selain itu, Adroni juga sering menyampaikan edukasi kepada para siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dan juga memberikan pembinaan siswa agar berdampak dampak baik di kemudian hari, khususnya pergaulan siswa di lingkungan sekolah.

Baca Juga :  Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Ditempat yang sama, Kejaksaan Negeri Pelalawan diwakili Mahardika juga memberikan paparan tentang Undang-undang ITE dan dampak negatif Cyberbullying terhadap korban.

Selain memberikan materi, Mahardika juga menyampaikan program kejaksaan masuk sekolah. Kegiatan yang sudah berjalan di beberapa sekolah di Kabupaten Pelalawan.

Diakhir acara, Kejaksaan Negeri Pelalawan memberikan Dorprez kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri.

Salah seorang peserta sosialisasi,
Putri siswi kelas 11 IPA 5 mengatakan bahwa,”Sosialisasi ini sangat menarik karena banyak menambah wawasan dan pengetahuan buat seluruh siswa SMA 1 Pangkalan kelinci. Bahwasanya tidak boleh atasnya membully antar sesama. Nah di situ kan banyak juga nih tanggapan kritik-kritik antara siswa dengan bapak narasumber. Tadi di situ banyak pengetahuan yang dijelaskan,”ungkapnya.

“Semakin banyak pengetahuan itu yang kami tahu. Kami juga tau itu apa yang tidak boleh dan yang boleh dalam bermedia sosial,”pungkasnya.(r07).

Editor: Aps
Foto: (istimewa).

 

Komentari Artikel Ini