Kapolres Pelalawan Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2023

Bagikan Artikel Ini:

Kapolres Pelalawan Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2023

Kamseltibcarlantas yang kondusif
menuju pemilu kondusif 2024

Pelalawan – Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK gelar pasukan operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2023 di Mapolres Pelalawan, Senin Tanggal (4/9) pagi.

Hadir dalam gelar pasukan Zebra itu Kadishub Pelalawan, Satpol PP diwakili Kabid Tibum, Dandim diwakili oleh Koramil 09 Kpr, Jasa Raharja dan PJU Polres Pelalawan, Senin Tanggal (4/9).

Dalam sambutannya Kapolres Pelalawan AKBP Suwito, SH, SIK menyampaikan,”Kehidupan sangat penting dalam menunjang kehidupan suatu negara dan juga merupakan cerminan suatu negara apabila lalu lintasnya tertib maka negara tersebut dapat dikatakan tertib melihat dari hal tersebut. Negara Indonesia perlu pembenahan baik dari mentalitas sudut pandang maupun kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas. Polri khususnya Kasat Lantas bersama pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang kondusif maka Polri akan melaksanakan operasi kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi zebra Lancang Kuning tahun 2023,” ujarnya.

Baca Juga :  Dihadiri Puluhan Mahasiswa Internasional, Rektor UIR Buka Puasa Bersama JMSI Riau

Kapolres Pelalawan mengatakan bahwa Operasi Zebra akan dilaksanakan mulai Tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023 yang diselenggarakan secara serentak seluruh Polda dengan mengedepankan tentang preventif dan didukung pola pedagang hukum lantas secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran secara simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sebelum memulai operasi tahun 2023 ini maka akan dilaksanakan apel gelar pasukan dan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Riau khususnya Polres melawan dalam pelaksanaan kegiatan operasional Lancang Kuning tahun 2023 dengan tujuan agar berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Perlu diketahui bersama data jumlah tindakan lalu lintas data pelanggaran berlalu tahun 2023 ada sebanyak 11 kejadian. Mengalami penurunan sebanyak 50%. Apabila dibandingkan dengan periode yang sebelumnya tahun 2021 yaitu sebanyak 22 kejadian. kemudian jumlah korban meninggal dunia pada pasangan operasional Lancang Kuning Tahun 2022 adalah sebanyak 6 orang mengalami penurunan sebanyak dua orang atau sekitar 28% dibandingkan dengan periode yang sebelumnya di tahun 2021 sebanyak 8 orang.

Baca Juga :  Kapolres AKBP Suwinto Didampingi Ketua PN Benny Arisandy Gerebek Markas JMSI Pelalawan

Untuk penindakan pelanggaran lalu lintas dengan jumlah tilang pada operasi zebrakan kuning Tahun 2022 sebanyak 7.604 tindakan sedangkan di tahun 2021 sebanyak 4.478 mengalami peningkatan sebanyak 3.126 tindakan atau naik sekitar 70% untuk tindakan teguran per Tahun 2022 sebanyak 13.469 kali sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 10.983 kali ini mengalami peningkatan sebanyak 2.486 kali atau naik sekitar 23% .

Setelah apel gelar pasukan Operasi Zebra tahun 2023, Kapolres bersama Kasatlantas juga bersama stakeholder terkait inspeksi kesiapan pasukan dalam menjalankan Operasi Zebra tahun 2023 berupa sarana dan prasarana penunjang seperti kendaraan roda 4, sirine dan kendaraan roda dua berjalan dengan aman dan kondusif.(r07)

Editor: Aps
Foto: Kapolres Pelalawan bersama Kasatlantas dan stakeholder.

 

Komentari Artikel Ini