Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, 9 Warga Luka-luka dan Puluhan Rumah Rusak

Bagikan Artikel Ini:

Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, 9 Warga Luka-luka dan Puluhan Rumah Rusak

Dumai – Sedikit nya 9 orang mengalami luka-luka akibat ledakan di Kilang Pertamina Internasional (KPI) Putri Tujuh RU II di Kota Dumai, Riau Sabtu (1/4/2023). Kejadian diperkirakan sekira pukul 22.45 WIB.

Kapolda Riau Irjen M Iqbal usai patroli subuh dan makan sahur bersama wartawan, Minggu (2/3/2023), membenarkan hal itu.

Dikatakannya, dari laporan Kapolres Dumai, api berhasil dipadamkan tidak kurang dari 20 menit. Saat ini pihaknya meyakinkan kepada seluruh masyarakat yang terdampak, aman.

“Tidak ada korban jiwa. Alhamdulillah wa syukurillah, hingga detik ini, menjelang sahur, tidak ada korban jiwa,” terang Kapolda.

Memang, diakui Irjen M Iqbal, setelah kejadian terdapat 9 warga masyarakat yang luka luka. Tetapi luka lukanya katagori ringan. Bahkan dari 9 itu, 2 di antaranya sudah diperbolehkan pulang.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini menambahkan, dirinya sudah memerintahkan Kapolres Dumai dan Direktur Pamobvit Polda Riau untuk melakukan upaya upaya pencegahan dan antisipasi pasca ledakan terjadi.

“Alhamdulillah, situasi bisa ditenangkan dan api berhasil dipadamkan,” kata Irjen M Iqbal lagi.

Tentang penyebab ledakan, Kapolda Riau menyebutkan masih dalam penyelidikan. Dia sendiri jam 9 pagi nanti akan bertolak ke Kota Dumai untuk memantau langsung pasca ledakan tersebut.

Ledakan kilang di RU II Pertamina Dumai Putri Tujuh membuat guncangan yang terasa ke pusat Kota Dumai.

Getaran hebat akibat ledakan itu terasa hingga radius sekitar 7 Kilometer dan telah merusak belasan rumah warga dan rumah ibadah.

Foto: Kondisi ledakan kikang minyak Pertamina, Dumai.(ist).

Komentari Artikel Ini