Dinas Pariwisata Riau Tinjau Produk Kearifan Lokal di Kelurahan Langgam

Bagikan Artikel Ini:

Dinas Pariwisata Riau Tinjau Produk Kearifan Lokal di Kelurahan Langgam

Pelalawan – Tim Apresiasi Desa Wisata (ADWI) Propinsi Riau di Desa Wisata Langgam Kabupaten Pelalawan 2023 tinjau produk kearifan lokal Kelurahan Langgam pada Hari Senin (18/9) sore.

Kehadiran tim apresiasi desa wisata tersebut disambut oleh unsur bapilin tigo di Kelurahan Langgam yakni unsur adat, pemerintah dan ulama. Dari unsur adat hadir Datuk Ngku Raja Lela Putra Wan Ahmat pucuk pimpinan adat se kabupaten Pelalawan, Datuk Penghulu Besar Langgam Narullah, Ninik mamak Datuk Padano, Datuk Singo, Datuk Manaro dan lainnya.

Dari unsur pemerintahan hadir perwakilan Dinas Pariwisata, perwakilan Camat Langgam, Lurah Langgam M Harles, unsur pemuda, kaum ibu dan kelompok sadar wisata dari Kelurahan Langgam.

Baca Juga :  Dihadiri Puluhan Mahasiswa Internasional, Rektor UIR Buka Puasa Bersama JMSI Riau

Sedangkan dari unsur ulama hadir Al Ustadz Hariful Bahri yang juga imam besar masjid Nurul Iman Langgam.

Kadatangan tim Dinas Pariwisata propinsi Riau disambut secara adat di negeri ranah tanjung Bunga. Rombongan tersebut diarak dengan musik rebana dari kaum ibu Kelurahan Langgam kemudian disambut pula dengan silat pangean sebelum rombongan masuk ke Rumah Singgah Datuk Ngku Raja Lela Putra Kerjaan Pelalawan.

Setelah penyambutan Kadis Pariwisata Riau yang diwakili oleh Safitri Handayani, SE.Ak Kabid Pariwisata Provinsi Riau rombongan memasuki rumah Singgah Datuk Ngku Raja Lela Putra melanjutkan acara seremonial.

Baca Juga :  Tuan Rumah HPN dan HUT JMSI Ke-4, Panitia Gesa Sejumlah Persiapan di Duri Bengkalis

Pada tahun 2022 kemarin Tim Apresiasi Desa Wisata (ADWI) Propinsi Riau di Desa Wisata Langgam Kabupaten Pelalawan
juara unggulan 1 Kategori souvenir tingkat provinsi Riau. Pada tahun ini Kelurahan Langgam akankah terpilih lagi?

Kriteria penilaian tahun ini ada 5 penilaian, home stay dan toilet, kelembagaan desa wisata chse, Digital dan kreatif, souvenir, daya tarik pengunjung.

Rombongan Dinas Pariwisata Riau langsung meninjau produk kearifan lokal yang dipamerkan melalui bazar yang diadakan di Rumah Singgah Datuk Ngku Raja Lela Putra Wan Ahmat Kelurahan Langgam.(r07).

Editor: Aps
Foto: Kadis Pariwisata/wakil saat kunjungan ke Langgam.

Komentari Artikel Ini