Petama di Dunia Prancis Resmikan Jalan Panel Surya

Bagikan Artikel Ini:

Prancis – Pemerintah daerah Prancis, baru-baru ini meluncurkan jalan panel surya pertama di dunia. Jalanan umum ini bisa dimanfaatkan mobil listrik untuk mengisi tenaga baterai dengan mesin pengisi tenaga listrik yang telah disediakan.

Jalan panel surya yang terdapat di sebuah desa di Tourouvre-au-Perch, Normandia, Prancis ini memiliki panjang sejauh 1 kilometer. Jalanan ini dirancang menggunakan 2.800 meter persegi panel surya yang memanfaatkan sinar matahari untuk menghasilkan tenaga listrik.

Secara umum, jalan panel surya ini akan memasok listrik untuk kebutuhan lampu jalan yang listriknya diambil dari sumber panel surya yang terdapat di jalan.

Baca Juga :  Dihadiri Puluhan Mahasiswa Internasional, Rektor UIR Buka Puasa Bersama JMSI Riau

Mengutip dari Motor1, jalan panel surya ini dibangun langsung oleh Pemerintah Prancis. Peresmiannya sendiri dilakukan oleh Menteri Ekologi Perancis, Ségolène Royal.

Setiap harinya jalan ini dilalui oleh sekira 2 ribu kendaraan. Pembangunan jalan panel surya akan menjadi bagian pengujian selama dua tahun ke depan guna mengetahui apakah energi yang dihasilkan mampu memenuhi pasokan listrik untuk lampu jalan.*** Sumber : Okezone

Komentari Artikel Ini